Jumat, 01 Januari 2010

Proses Pengendalian Manajemen Sektor Publik

Proses pengendalian manajemen pada organisasi sector public dapat dilakukan dengan menggunakan saluran komunikasi formal maupun informal. Saluran komunikasi formal terdiri dari aktifitas formal dalam organisasi yang meliputi :

1. Perumusan strategi (strategic planning)
Merupakan proses penentuan visi, misi, tujuan, sasaran, target (outcome), arah dan kebijakan, serta strategi organisasi. Perumusan strategi merupakan tugas dan tanggung jawab manajemen puncak (top management).

2. Perencanaan Strategik (strategic planning)
Sistem pengendalian manajemen diawali dari perencanaan strategic (strategic planning). Perencanaan strategic adalah proses penentuan program-program, aktivitas, atau proyek yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dan penentuan jumlah alokasi sumber daya yang akan dibutuhkan.

3. Penganggaran
Apabila tahap perencanaan strategik telah selesai dilakukan, tahap berikutnya adalah menentukan anggaran. Tahap penganggaran dalam proses pengendalian manajemen sector public merupakan tahap dominan. Proses penganggaran pada organisasi sector public memiliki karakteristik yang agak berbeda dengan penganggaran pada sector swasta.

4. Operasional (pelaksanaan anggaran)

5. Evaluasi kinerja
Tahap akhir ini dari proses pengendalian manajemen adalah penilaian kinerja. Penilaian kinerja merupakan bagian dari proses pengendalian manajemen yang dapat digunakan sebagai alat pengendalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar